Makna, Sejarah dan Arti Simbol Biohazard

Makna, Sejarah dan Arti Simbol Biohazard - Apa yang terlintas dalam pikiran ketika Anda melihat simbol Biohazard?

Anda tentu telah melihatnya berkali-kali dan sekarang tidak dapat mengingat di mana, tetapi Anda sebaiknya mengingatnya.

MAKNA KATA “BIOHAZARD”

Untuk tujuan simbol ini, istilah "biohazard" didefinisikan sebagai salah satu dari "agen infeksius yang menghadirkan risiko atau potensi risiko bagi kesejahteraan manusia, baik secara langsung melalui infeksi atau secara tidak langsung melalui gangguan lingkungannya."

APA ARTINYA SIMBOL BIOLOGIS INI?

Singkatnya, simbol biohazard digunakan secara universal untuk melaporkan zat berbahaya yang sangat berbahaya bagi makhluk hidup. Simbol adalah gambar yang memperingatkan orang-orang dari kemungkinan terpapar zat-zat biologis yang mungkin terdiri dari virus, racun, atau limbah medis (seperti darah, cairan tubuh, dan garis sel manusia).
Ini digunakan secara internasional untuk menunjukkan keberadaan biohazard yang aktual atau potensial dan untuk mengidentifikasi peralatan, wadah, ruang, bahan, hewan percobaan, atau kombinasi dari sana yang dapat diperoleh secara komersial. Simbol ditempatkan di atas plakat yang cukup besar untuk simbol dan informasi lain yang sesuai.

Biasanya dicetak pada label bahan kimia, dan meskipun tetap memiliki makna yang sama, simbol tersebut dapat menampilkan berbagai warna, latar belakang, batas, atau informasi tambahan tentang jenis bahaya yang ditimbulkannya.
Itu bisa hitam, oranye neon, atau oranye-merah. Warna latar adalah opsional selama ada kontras yang cukup untuk memastikan bahwa simbol biohazard didefinisikan dengan jelas.

Kata-kata yang tepat dapat digunakan dalam kaitannya dengan simbol untuk menunjukkan sifat atau identitas bahaya, nama individu yang bertanggung jawab atas kontrolnya, dan informasi pencegahan, dll., Tetapi informasi tidak boleh dilapiskan pada simbol.

SEJARAH SIMBOL BIOHAZARD

Simbol biohazard memiliki sejarah yang kaya dan mempesona. Meskipun tampaknya abstrak pada pandangan pertama, baik ahli biologi dan awam dapat dengan cepat dan mudah memahami peringatannya.

Hanya lima puluh tahun yang lalu, simbol itu sama sekali tidak diketahui, tetapi hari ini kita melihat simbol biohazard di klinik, laboratorium, dan bahkan di skateboard!
Simbol yang sekarang ada di mana-mana ini dibuat dengan beberapa pengujian dan pengambilan keputusan yang cermat oleh para ilmuwan dan psikolog lebih dari 40 tahun yang lalu.

Menurut artikel di New York Times dan jurnal Science, simbol biohazard diciptakan oleh Charles L. Baldwin dari Dow Chemicals dan Robert S. Runkle dari National Institutes of Health pada tahun 1966.

Baldwin telah bekerja dengan Dow Chemical pada pengembangan sistem penahanan untuk Cancer Institute di National Institutes of Health, ketika dia memperhatikan ada beberapa simbol peringatan yang berbeda digunakan. Dia menganggap variasi ini sebenarnya berbahaya — orang tidak bisa diharapkan untuk mengetahui rangkaian lengkap ikon dan label — jadi dia mulai merancang simbol universal dengan bantuan departemen Pemasaran dan Desain Kemasan Dow. Logo itu tidak dirancang dengan simbolisme apa pun dalam pikiran — alih-alih, itu harus tidak berarti — tetapi logo itu harus mudah diingat agar mudah dikenali.

Baldwin mulai bekerja pada ide-ide untuk simbol baru. Alih-alih berkonsultasi dengan rekan-rekannya sendiri, ia pergi ke departemen Pemasaran dan Desain Paket Dow. Bersama-sama mereka menguji simbol yang umum dan dapat dikenali bercampur dengan setengah lusin simbol asli dan baru mereka di seluruh negeri. Mereka meminta orang untuk melihat mereka dan kemudian menebak apa arti masing-masing. Simbol biohazard mendapat tebakan paling sedikit.

Mereka kemudian kembali satu minggu kemudian ke kelompok orang yang sama dan kelompok simbol yang sama, dan bertanya kepada mereka yang mana yang paling mereka ingat. Mereka memilih simbol biohazard!

Setelah penelitian yang luas, Baldwin dan timnya menghasilkan apa yang mereka yakini sebagai simbol peringatan sempurna untuk biohazard. Latar belakang oranye menyala dan simbol simetris sempurna berdiri dan menghindari kebingungan. Warna yang berani dan desain yang sederhana membuat dampak yang luar biasa pada semua orang.

Setelah mempublikasikan simbol dalam jurnal Science, itu segera disahkan oleh Pusat Pengendalian Penyakit AS, Keselamatan dan Administrasi Kesehatan

KRITERIA DIGUNAKAN UNTUK MENGEMBANGKAN SIMBOL BIOHAZARD

Setelah serangkaian penelitian, tes, dan desain, simbol biohazard diciptakan untuk memenuhi kriteria dasar berikut:

1) penampilan yang menarik perhatian
2) terdefinisi dengan baik dan tidak ambigu
3) mudah dikenali dan mudah disimpan
4) sederhana dalam desain
5) simetris agar identik jika dilihat dari sudut yang berbeda
6) dapat diterima oleh berbagai kelompok etnis

Warna dan konfigurasi simbol tidak sewenang-wenang, tetapi dipilih dengan sangat hati-hati. Ini bukan merah (atau hitam) tetapi oranye menyala, diadaptasi dari warna eksplorasi Arktik, karena mereka yang paling terlihat di sebagian besar kondisi.

Desainnya tiga sisi sehingga tidak ada "jalan yang benar" —jika simbol diletakkan pada wadah, wadah itu bisa berakhir miring atau terbalik, dan sangat penting bahwa simbol itu tetap dapat dikenali.

Simbol ini sering digambarkan dengan latar belakang kuning, biasanya dalam segitiga, tetapi itu tidak pernah menjadi bagian dari brief aslinya. Satu-satunya prasyarat adalah bahwa ada kontras yang cukup untuk simbol untuk menonjol dengan latar belakang apa pun yang didudukinya.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Mengerikan Dari Perang Biologis

Senjata Biologis Paling Berbahaya di Dunia